Senin, 15 Agustus 2011

Bisnis Cinta

Oleh : Rizky Arya Lestari

 Cinta dapat menjadi sebuah kekuatan yang maha dasyat. Apalagi jika hal ini di aplikasikan dalam berbisnis, bukan berati jualan cinta lho yah..? salah satu kekuatan ekuatan utama yang mampu menggerakkan bisnis kita hingga mencapai kesuksesan adalah cinta. Dalam berbisnis, kita sering lupa bahwa yang kita hadapi setiap hari sebenarnya adalah manusia, bukan mesin atau computer.
Dalam berbisnis kita pasti membutuhkan bantuan dan dukungan orang-orang sekitar kita. Bagaimana jika tidak butuh bantuan mereka?, anda pasti sudah tahu jawabannya!
Coba bayangkan, jika Anda sedang jatuh cinta kepada lawan jenis atau seseorang. Anda tentu selalu berusaha menyenangkan si dia, bukankah begitu? Apapun yang ia inginkan, pasti akan anda usahakan bagaimanapun caranya.
Maka, cinta bukan hanya unsur paling penting dalam kehidupan pribadi kita. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari ataupun bisnis, cinta juga sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya hidup dan bisnis kita.
Seorang pebisnis yang bekerja dengan “cinta” pasti dia terus berupaya menambah pengetahuannya dalam bidang apapun [khususnya bisnis]. Namun pengetahuan yang ia miliki akan sangat berarti ketika ia membaginya dengan orang lain.
Disinilah fungsi cinta dalam berbisnis. Ketika ada orang lain yang butuh bantuan atau pengetahuan kita maka saat itulah kita dibutuhkan. Nah.. untuk mengembangkan relasi dan jaringan bisnis anda, bantulah siapapun yang membutuhkan pengetahuan anda. Bukanlah sifat seorang pebisnis apabila selalu memilih-milih siapa yang harus dibantu.
Tiga ide pendukung bisnis supaya bisa sukses dalam berbisnis yaitu : Pengetahuan, Network [jaringan] dan Rasa ingin selalu membantu orang lain. Tidak peduli baik itu dalam dunia maya [online] ataupun nyata [offline]. Semuanya sama!
Saya katakan bahwa bisnis sebenarnya adalah sebuah permainan. Tentu saja, kita semua ingin memenangkan ‘Permainan Bisnis’ ini. Pemenang permainan ini adalah orang yang mencintai apa yang ia kerjakan dengan memahami aturan-aturan permainan dengan baik.
Feeling atau perasaan merupakan “cambuk” untuk  memenangkan permainan bisnis ini. Karena perasaan sangat terkait dengan emosi. Emosi sangat mempengaruhi pemikiran seseorang. Emosi membentuk dan mempengaruhi penilaian terhadap kualitas bisnis.
Hati-hati dengan yang satu ini. Khususnya bagi anda yang telah menjadi BOS dalam suatu perusahaan.

Lho.. Apa Hubungannya Emosi Dengan Bos Perusahaan
Emosi dapat membentuk perilaku.seseorang, emosi ini ‘menular’ bagaikan virus. Maksudnya, jika karyawan perusahaan tidak merasa nyaman dengan apa yang dikerjakannya, tentu ia tidak akan mampu memberikan perasaan nyaman pula kepada pelanggan.
Sebaliknya, jika karyawan itu mencintai apa yang dikerjakannya, tentu ia akan dengan senang hati melayani pelanggan dan membuat pelanggan merasa nyaman pula. Maka, perhatikanlah hal ini dengan sungguh – sungguh!
Pemenang utama dalam ‘Permainan Bisnis’ adalah orang yang mencintai apa yang dikerjakannya. Kita tidak dapat bermain dengan baik jika kita tidak menikmatinya.

Maka dari itu, cintailah ide bisnis anda, cintailah bidang bisnis anda, cintailah strategi bisnis anda,cintailah karyawan anda, cintailah pelanggan anda, cintailah relasi anda & cintailah semua apa yang anda jalankan saat ini,
Temukan Cinta Anda Sekarang juga.

Sumber : http://ismailonline.com/ide-sukses-berbisnis-itu-bernama-%E2%80%9Ccinta%E2%80%9D/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar